Doa Tahajud

2 min read

Doa

Doa tahajud adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah melaksanakan shalat tahajud.

Doa merupakan perisai bagi umat muslim. Dengan berdoa kita akan semakin dekat dengan Sang Pencipta dan atas seizin-nya takdir kita dapat berubah.

Waktu tahajud adalah waktu yang paling ampuh untuk berdoa. Saat tahajud, gelombang spiritual sedang dalam trafik yang paling tinggi.

Ada beberapa waktu yang telah Allah khususkan untuk berdoa, dan barangsiapa yang berdoa pada waktu tersebut maka akan Allah kabulkan.

Shalat tahajud merupakan shalat malam yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT.

Baca Juga : Cara Doa yang Baik agar Di ijabah

Waktu Tahajud

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dilaksanakan setelah tidur. Hukum melakukakn shalat ini adalah sunnah muakkadah (sunnah yang dianjurkan).

Waktunya sendiri dimulai dari setelah isya’ sampai sebelum subuh yang mana harus tidur dahulu sebelum melakukan shalat tahajud.

Namun waktu yang dianjurkan yaitu sepertiga malam terakhir.

Shalat Tahajud dimulai dari setelah isya’ sampai sebelum subuh, yang didahului dengan tidur terlebih dahulu.

Niat Shalat Tahajud

Niat merupakan salah satu tindakan yang diutamakan agar apa yang kita kerjakan menjadi sempurna. Begitupun dengan niat shalat tahajud ini, dilakukan agar shalat tahajud kita menjadi sempurna.

Berikut niat shalat tahajud tulisan arab :

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Berikut niat shalat tahajud tulisan latin :

Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla

Artinya :

“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Cara Shalat Tahajud

Tata Cara Shalat Tahajud

Shalat tahajud pada dasarnya sama dengan shalat sunnah yang lainnya. Namun diwajibkan tidur dahulu sebelum melakukan shalat malam ini. Dan pasti harus berwudhu (suci dari hadast kecil dan besar).

Shalat tahajud dikerjakan 2 rakaat salam, dua rakaat salam. Beberapa ulama berbeda pendapat tentang jumlah shalat rakaat ini.

Rasulullah melaksanakan 11 rakaat dengan witir dan terkadang 13 rakaat dengan witir.

Berikut tata cara shalat tahajud :

  1. Niat.
  2. Takbiratul ihram, lalu membaca dia iftitah.
  3. Membaca surah Al-Fatihah.
  4. Membaca surah yang ada di Al-Qur’an.
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk diantara 2 sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri untuk rakaat kedua
  11. Membaca surah Al-Fatihah
  12. Membaca surah yang ada di Al-qur’an
  13. Ruku’
  14. I’tidal
  15. Sujud
  16. Duduk diantara 2 sujud
  17. Sujud kedua
  18. Tahiyat akhir
  19. Salam

Lalu diulangi hingga 8 rakaat (4 kali salam).

Doa Tahajud

Setelah melakukan shalat tahajud, dianjurkan untuk membaca dzikir dan doa shalat tahajud.

Doa Tahajud Arab

Berikut dzikir dan doa sesudah sholat tahajud arab :

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Doa Tahajud Latin

Berikut doa tahajud tulisan latin :

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Arti Doa Tahajud

Artinya :

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar”.

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah”.

Dzikir Setelaah Tahajud

Keutamaan Doa Tahajud

Berikut bacaan dzikir setelah shalat tahajud :

  • Dzikir Istighfar.
  • Dzikir Tasbih (SubhanAllah).
  • Dzikir Tahmid (Alhamdulillah).
  • Dzikir Takbir (Allahu Akbar).
  • Dzikir Laa Ilaaha Illallah.
  • Sholawat.
  • Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas.
  • Al-Fatihah.

Keutamaan Shalat Tahajud

Apa saja yang didapat jika kita melaksanakan shalat tahajud ?

Berikut keutamaan shalat tahajud :

  • Kunci Masuk Surga.
  • Kedudukan terpuji.
  • Shalat sunnah paling utama
  • Doanya dikabulkan.
  • Kemuliaan dan kewibawaan.
  • Penghapus dan pencegah dosa.
  • Kebiasaan orang shalih
  • Menolak penyakit.

Cukup sekian informasi yang dapat admin berikan, semoga bermanfaat 🙂